Gubernur Herman Deru Dampingi Erick Thohir Semangati Timnas Putri U-19

WAWBERITA – Gubernur Sumsel H. Herman Deru mendampingi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyaksikan pertandingan semifinal AFF U-19 Women’s Championship 2023 yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (13/7) malam.

Meski pertandingan yang mempertemukan Timnas Putri Indonesia Vs Timnas Putri Thailand itu berakhir dengan kekalahan untuk Indonesia dengan skor 1 : 7, namun perlawanan yang ditampilkan anak asuh Rudy Eka Priyambada yang penuh perjuangan tetap mendapat apresiasi dari para pecinta bola tanah air.

Dalam laga tersebut, Timnas Putri Indonesia U-19 terpaksa harus bermain dengan 10 pemain karena kartu merah yang didapatkan kiper Fani Supriyanto pada menit kelima pertandingan. Tampil dengan 10 pemain membuat Thailand bermain lebih leluasa menghadapi Timnas Putri Indonesia.

Meski tampil hanya dengan 10 pemain namun Helsya Maeisyaroh dkk masih mampu memberikan perlawanan dengan gol yang diciptakan Claudia Scheunemann di menit ke-25.

Meski gagal ke final, Timnas Putri Indonesia U-19 masih memiliki satu pertandingan di Piala AFF U-19 2023. Mereka tepatnya akan melawan Myanmar untuk memperebutkan peringkat ketiga pada 15 Juli 2023 mendatang.

Sesaat setelah peluit tanda pertandingan ditiup wasit, Ketum PSSI Erick Thohir bersama Gubernur Herman Deru langsung turun ke lapangan. Keduanya tampak menyemangati para pemain muda yang tampak sedih dan kecewa dengan hasil akhir pertandingan.

Usai menyemangati para pemain yang kecewa atas kekalahan yang terjadi, Ketum PSSI yang juga Menteri BUMN itu mengatakan bahwa Ia bangga menyaksikan perjuangan yang ditunjukkan Timnas Putri U-19 Indonesia.

“Saya tadi waktu Indonesia kalah 6 : 1 Saya berdiri Saya tepuk tangan. Kenapa? Karena bisa menyaksikan para pemain sudah ini tidak mungkin menang dan tidak mungkin seri. Tapi¬† mereka tetap lari dan semangat itu yg sangat mahal buat kita,” ujarnya mengapresiasi hasil Timnas Putri U-19 Indonesia.

Dari hasil tersebut menurut Erick tentu akan menjadi acuan mereka di PSSI bahwa PSSI kedepan harus benar-benar menyamakan pembinaan olahraga sepakbola baik Putra maupun Putri.

”¬† Dan ini membuktikan tim kita luar biasa pertama kali dalam sejarah dalam AFF Timnas Putri masuk seminfinal. Dan Kita memanf punya komitmen mempersiapkan tim nasional jangka panjang tidak hanya putra tapi putri juga,” tegasnya.

Selain Gubernur Herman Deru tampak hadir dalam kesempatan tersebut yakni Wakil Ketua Umum (waketum) I PSSI, Zainuddin Amali, Pelatih Timnas U-20 Indonesia Indra Sjafri dan beberapa mantan pemain Timnas Indonesia. Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru pun tidak datang sendiri, Ia tampak datang bersama putri bungsunya yang juga Duta Literasi Sumsel Ratu Tenny Leriva serta cucu pertamanya Muhammad Mandala Sultan Persya atau akrab disapa Denis.