Herman Deru Kukuhkan Wali Paguyuban Pujasuma: Jaga Sumsel Zero Konflik

Gubernur Sumsel Herman Deru Kukuhkan Wali Paguyuban Pujasuma di Lahat. (Humas Prov Sumsel)

WAWBERITA – Gubernur Sumsel Herman Deru melakukan Pengukuhan Wali Desa, Wali Kecamatan dan Wali Daerah Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera se Kabupaten Lahat di Hotel Grand Zuri Lahat, Sabtu 5 Maret 2022.

Herman Deru meminta para wali yang di kukuhkan untuk menjaga citra organisasi yang sudah sangat baik selama ini.

“Jika bicara komunitas hal nomor satu yang harus kita jaga tentu adalah citra. Sopan, santun, pemberani. Nah dalam organisasi ini peradaban itu turun secara genetik mengalir ke tubuh masing-masing keturunan Paguyuban Keluarga Jawa Sumatera. Pesan Saya ini harus terus dijaga dan dipertahankan,” ujar Herman Deru.

Harapan Herman Deru, organisasi Pujasuma menjadi benteng dalam menjaga peradaban dan budaya Jawa yang berada di Sumsel. Benteng ini menurutnya perlu dibentuk agar prilaku yang seharusnya terbawa karena genetik tadi tidak rusak karena pergaulan.

‚ÄúSalah satu cara membentengi itu adalah dengan mempertahankan bahasa Jawa yang kerap digunakan sehari-hari serta tetap menjaga budaya sopan, santun. Selain peradaban-peradaban tadi, hal lain yang harus dipertahankan lagi adalah cara bertaninya,” jelas Herman Deru.

Menurut Herman Deru meski sekilas pengukuhan ini sederhana namun tanggungjawabnya sangat besar. Untuk itu Ia berharap para wali yang dilantik ini dapat segera menjalankan roda organisasi agar organisasi ini mandiri dalam berbagai bidang termasuk perekonomian.

“Terakhir Saya minta organisasi ini ikut menjaga status Sumsel sebagai daerah yang zero konflik,” tegasnya. (ram)